Kamis, 10 November 2016

Mengapa wanita selalu cerewet? Ini penjelasannya secara sains!



LigaCapsaApakah Anda merasa bahwa sifat dasar wanita sebenarnya adalah cerewet? Ya, itu tidak dapat dipungkiri. Pasalnya semua itu bisa dijelaskan secara sains!

Mengapa wanita selalu cerewet? Kita harus tahu bahwa ternyata memang wanita berbicara lebih banyak dari pria. Mereka berbicara hampir dua kali lipat lebih banyak dari kaum adam. Wanita berbicara 20.000 kata perhari, sementara pria sekitar 13.000 kata saja. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang Physiatrist, Dr. Luan Brizedine mengungkapkan bhawa ada beberapa penyebab mengapa wanita lebih cerewet ketimbang pria. Salah satunya adalah wanita memiliki lebih banyak kandungan protein di dalam tubuhnya. Dalam penelitan terbaru, uji coba dilakukan pada seekor tikus yang diberi protein FOXP2, dan hasilnya tikus tersebut sering sekali bersuara. 

Nah, ternyata tidak hanya sifat cerewet saja yang dapat dijelaskan secara sains. Sepuluh sifat dasar wanita berikut ini ternyata juga dapat dijelaskan secara sains! Intip faktanya di bawah ini!

Mengapa wanita selalu cerewet? Ini penjelasannya secara sains!

Wanita memiliki warna lebih banyak dari pria

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih unggul ketika melihat warna. Mereka bisa membedakan merah tua, merah muda, merah jambu, merah maroon, magenta, dan lain sebagainya. Sementara pria cenderung hanya melihat hijau sebagai hijau tua dan hijau muda saja. Mengapa demikian?

Studi yang dilakukan oleh University of Maryland menunjukkan bahwa kemampuan melihat warna merah hanya ditemukan pada kromosom X, yang berarti wanita jelas memiliki keuntungan. Kerena kemampuan untuk membedakan warna didasarkan pada kemampuan unutk melihat warna merah, biru, dan hijau. Ini sekaligus membuktikan bahwa pria lebih banyak yang buta warna ketimbang wanita.

Mengapa wanita selalu cerewet? Ini penjelasannya secara sains!

Wanita lebih peka pada bau ketimbang pria

Tak bisa dipungkiri bahwa wanita lebih peka pada setiap bau yang ada di ruangan. Entah itu bau makanan busuk dari dalam kulkas, kaus kaki yang bau, parfum yang harum, dan lain sebaginya. Wanita menggunakan lebih dari otak untuk menguraikan aroma tersebut.

Hal ini diduga memiliki dasar evolusi. Sebuah rasa yang kuat diperlukan bagi wanita secara naluri untuk mendeteksi bahan kimia yang diproduksi di bau badan pria. Secara tidak sadar, hal tersebut merupakan salah satu keunggulan wanita karena dia akan menjadi seorang ibu. Percaya atau tidak, seorang ibu memiliki naluri penciuman yang kuat untuk mengetahui segala kondisi anaknya. Dibandingkan dengan pria.

Mengapa wanita selalu cerewet? Ini penjelasannya secara sains!

Wanita lebih peduli ketimbang pria

Pria memiliki kecenderungan berpura-pura mendengarkan ketika wanita bercerita di depannya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Griffith University menemukan bahwa wanita lebih peduli pada masalah pasangan mereka dan juga menampilkan banyak empati dibandingkan pria.

Mengapa wanita selalu cerewet? Ini penjelasannya secara sains!

Wanita multitasking

Ya, wanita memang cenderung multitasking ketimbang pria, artinya mereka mampu melakukan lebih dari satu kegiatan dalam waktu yangs sama. Pernahkah Anda berpikri mengapa demikian?

Ternyata memang ada penelitian tentang ini. pada tahun 2010, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Hetfordshire menemukan fakta bahwa kemampuan multitasking pada wanita memang terbukti. Wanita diberi soal matematika, kemudian diminta untuk menemuan restoran dalam sebuah peta, serta membuat sketsa bagaimana mereka menemukan kunci imajiner. Semua bekerja dengan baik, sementara pria hanya akan berpikir untuk memecahkan soal matematika tanpa mempedulikan tugas lainnya.