Sabtu, 04 Maret 2017

Hidup Kekurangan, Artis Korea Ini Sampai Jual Trofi Penghargaan


LigaCapsa ~ Menjadi seorang selebritis di Korea Selatan tak selalu menyenangkan. Ada beberapa saat seorang selebritis harus mengalami keterpurukan entah akibat skandal atau karena selera pasar telah berubah. Namun kondisi selebritis satu ini cukup memilukan karena tak mampu bersaing di pasar musik Korea Selatan.

Lang Lee, adalah seorang musisi folk Korea Selatan. Lang Lee pernah memenangi penghargaan Best Folk Song saat menelurkan single Playing God. Penghargaan ini Ia dapatkan pada acara Korean Music Awards yang ke-14 tahun 2017 ini.
Namun kebahagiaan mendapatkan penghargaan bergengsi ini tak berbanding lurus dengan kehidupan Lang Lee sebagai musisi folk. Dalam pidatonya dalam gelaran penghargaan yang diadakan beberapa waktu lalu tersebut, Lang Lee mengatakan,"Pendapatanku bulan Januari hanya 420.000 Won (setara dengan Rp 4,8 juta).Tak hanya dari penjualan album saja tapi itu totalnya. Untungnya aku mendapatkan Rp 11 juta di bulan Februari."


"Berat sekali hidup jadi seorang artis. Akan lebih baik lagi kalau hadiah penghargaan ini berbentuk uang tapi bukan itu yang kupermasalahkan. Jadi, kupikir aku akan menjual piala ini." lanjut Lang Lee. Pidato kemenangannya tersebut memang cukup mengharukan. Awalnya para penonton mengira Lang Lee hanya bercanda namun artis independen ini akhirnya benar-benar menjual pialanya pada seorang pria dengan harga Rp 6 juta.
Lang Lee mengaku bahwa uang dari hasil penjualan trofi tersebut akan digunakan untuk membayar sewa rumahnya. Lang Lee sendiri bukanlah seorang musisi mainstream K-pop, genre yang diusung oleh Lang Lee merupakan genre akustik dengan esensi lirik yang berbeda dari musik K-pop populer pada umumnya.

Musik yang dihasilkan oleh Lang Lee terbilang tidak cukup sukses dan disukai oleh masyarakat Korea Selatan. Oleh sebab itu hidup menjadi musisi independen seperti Lang Lee tidak seglamor idola K-Pop seperti Big Bang atau EXO dengan tingkat popularitas tinggi. Belum lagi potongan pajak yang cukup mengurangi pendapatan musisi independen dan juga diskriminasi gender. Ternyata hidup di Korea Selatan memang tak seindah di drama KLovers!


LigaCapsa

Mari uji HOKI anda di ligacs.com

❤️  ❤️

0 komentar: